Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

0 comments
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif - Berikut ini adalah informasi mengenai Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif yang akan diulas kusus buat kawan-kawan semuanya dimanapun anda berada. Buat anda semua yang sedang mencari atau membutuhkan informasi mengenai pengertian paragraf deduktif maupun contoh paragraf deduktif silahkan simak baik-baik informasi berikut ini.

Pengertian paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dari hal-hal yang bersifat umum ke hal yang lebih khusus. Gagasan utama terletak pada kalimat pertama dalam suatu paragraf. Atau dengan kata lain paragraf deduktif adalah paragraf yang diawali dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat utama yang bersifat umum kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus.

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Dari definisi paragraf deduktif tersebut dapat kita ambil beberapa contoh seperti di bawah ini:

Contoh 1:
Emas merupakan produk investasi yang diyakini dapat menangkal inflasi. Sejarah membuktikan bahwa emas hampir selalu akan diborong orang apabila terjadi kepanikan yang dapat membahayakan ekonomi negara (inflasi tinggi, krisis keuangan, ataupun perang). Seperti pada saat terjadi perang teluk, harga emas dunia, batangan logam mulia langsung terdongkrak seiring kenaikan harga minyak mentah dunia.

Contoh 2:
Isle Royale, pulau terbesar di Danau Superior, Amerika Serikat, merupakan rumah bagi sejumlah binatang yang secara alamiah bermusuhan. Rusa besar yang gemar makan tumbuh-tumbuhan dan serigala yang gemar memangsa rusa besar sudah hidup berdampingaan di situ selama lebih dari 50 tahun.
Comments
0 comments:

Post a Comment